Selasa, 17 September 2013

Yuuukkk...Bermain warna "Strato Cumulus"

Bermain adalah salah satu cara untuk mengembangkan ketrampilan motorik anak. Kak Devi dan kak Dhian menggunakan suatu permainan dalam menyampaikan materi kepada adik-adik. Permainan kali ini adalah bermain warna dengan air. Selain membantu adik-adik memahami materi, permainan dalam kegiatan ini juga memberikan berbagai manfaat, antara lain membangun suasana ceria dan meningkatkan kemampuan non akademis seperti sportivitas, kebersamaan dan kerja sama tim.
Tempat belajar kali ini berada diruang terbuka (outdoor). Semua adik-adik duduk rapi ditikar yang sudah disiapkan. Aturan mainnya, adik-adik dibagi secara kelompok. Per kelompok terdiri dari tiga orang kemudian kak Devi memberikan empat gelas plastik di masing-masing kelompok. Tiga gelas diisi air dan diberi warna merah, kuning dan biru.

Kak Devi   :"Coba adik-adik sekarang campur warna merah dan biru digelas yang masih kosong!"
Adik-adik  :"Wah kak kok warnanya berubah jadi ungu."
                   "iya kak, punyaku juga." seru kelompok lain.
Kak Devi   :"Oke, sekarang campur warna kuning dan biru. Kira-kira jadi warna apa ya?"
Adik-adik  :"Jadi warna hijau kak."
Kak Devi   :"Bagus...sekarang campur warna kuning dan merah. bim salabim jadi warna apa,prok..prok..prok."
Adik-adik   : (sambil menuangkan air)."Jadi warna oranye kak."
Tepuk hebat buat profesor  kecil kita karena telah sukses berksperimen warna. Indikator dari kegiatan ini adalah agar adik-adik dapat membedakan warna primer yaitu merah, kuning, biru dan menyebutkan warna baru hasil penggabungan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar