Senin, 30 September 2013

Fildtrip ke KPTT "Alto Cumulus"

Jum'at 27 September merupakan jadwal adik-adik alto cumulus untuk fildtrip. Kali ini mereka akan berpetualang ke KPTT ( Kursus Pertanian Taman Tani) yang berlokasi di Karang Duwet Salatiga. Pukul 07.30, kami berangkat dari Lebah Putih dengan diantar oleh Pak Gik. Sesampainya disana, kita disambut oleh kak Indri yang merupakan salah satu petugas dari KPTT.
Kita berkumpul dilobi terlebih dahulu untuk membentuk  kelompok sebelum diajak berkeliling dikebun. Kelompok A dipandu oleh buder Linto dan kelompok B dipandu oleh  buder Iben. Buder Linto dan buder Iben ini sangat ramah kepada adik-adik. Selain ramah, orangnya juga baik dan murah senyum. Oke saatnya beraksi. Tak lupa adik-adik memakai caping agar terlindung dari teriknya matahari. Kelompok A dan kelompok b berkeliling secara terpisah. Grup A diajak kekebun atas. Disini kita melihat berbagai jenis sayuran yang tumbuh subur. Ada sawi, terong, kulbis, labu dan masih banyak lagi. Semakin berjalan ke ujung, tercium aroma kurang sedap yang cukup menyengat. Kira-kira apa ya?...wah ada tumpukan kotoran hewan. Ternyata ada peternakannya juga. Berbagai jenis hewan ternak ada disini. Ada sapi perah,kambing, ayam kalkun yang sanga agresif, ayam kampung, bebek, ikan lele dan juga kelinci.
Ada yang menarik ketika kita menyusuri area peternakan ini. Ternyata kotoran-kotoran hewan ternak ini dikumpulkan disatu tempat untuk dijadikan pupuk. Pantas saja tanaman disini tumbuh subur walaupun musim kemarau seperti sekarang ini. Selain itu tanaman disini juga tergolong tanaman organik lho,karena tidakada unsur kimia seperti pestisida dan sebagainya. Semua bahan yang digunaan untuk pupuk merupakan bahan alami. Selesai berkeliling kebun, kemudian kita diajak untuk menanam bibit cabe. Terlebih dahulu tanah dipersiapkan kemudian dicampur dengan pupuk buatan, barulah dimasukkan kedalam plastik setelah itu bibit tanaman cabenya dimasukkan. Langkah terakhir adalah menyirami tanaman cabenya agar tidak mati. Cukup mudah kan.
Senangnya adik-adik sehari menjadi pak tani dan bu tani cilik. Berpanas-panasan, berkeliling kebun, melihat-lihat hewan ternak, menanam cabe dan ada satu yang tidak ketinggalan yaitu belanja membeli bibit tanaman. Oleh karena itu,kegiatan terakhir adik-adik sebelum pulang yaitu membeli bibit tanaman yang tersedia di KPTT. Ada bibit kol, brokoli, tomat dan juga cabe dengan harga yang sangat murah, cukup dengan Rp 500/bibit. Ada juga bibit tanaman lain seperti bibit buah durian, matoa, rambutan, kelengkeng dan masih banyak lagi dengan kisaran harga antara 10.000-20.000/bibit.
Tanaman yang sudah dibeli adik-adik bisa ditanam dipekarangan rumah masing-masing. Tujuannya adalah agar adik-adik tidak terbiasa untuk menikmati hasilnya saja melainkan bagaimana adik-adik bisa belajar dari cara menanamnya, cara merawatnya karena belajar dari berproses itulah yang lebih bermakna dari pada sekedar menikmati hasilnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar