Minggu, 06 Oktober 2013

Market Day "alto cumulus"

Serunya suasana market day ala adik-adik alto cumulus. Hal ini sebagai wujud nyata pembelajaran tentang jual beli yang sudah diajarkan oleh kak Ana dan kak Wahyu. Selain adik-adik belajar tentang jumlah mata uang, mereka juga belajar bagaimana menawarkan  barang dagangannya agar laku. Wah kecil-kecil udah punya jiwa marketing nih. Ayo semangat nak...!!
Market day itu sendiri merupakan proses kegiatan jual beli dimana pembelinya adalah adik-adik dari kelas lain. Ada kelas cumulus, strato cumulus, stratus, alto stratus dan nimbo stratus. Kakak-kakak fasilitator tak kalah ketinggalan ikut nawar dan membeli dagangan adik-adik juga. Adik-adik bebas membawa jenis barang dagangan. Ada Abi yang membawa alat-alat tulis, Rafi, Daila, Savero, Aca, Aefa dan Nadia yang membawa aneka makanan (jus buah, donut, pizza mie, agar-agar), Galan dan Asil yang membawa berbagai mainan, dan Kia yang menjual bibit tanaman.
Jam setengah sepuluh, adik-adik sudah mulai buka lapak. Semua barang-barang yang akan dijual sudah tertata rapi dimeja. "Kak, ini umi yang masak lho. Persiapannya udah dari semalem." Kata Aefa. Jam 10.00 acara market day mulai dibuka. Semua langsung menyerbu ke masing-masing stand untuk membeli aneka jenis barang/makanan yang dijajakkan. Alhasil interaksi jual beli dan tawar menawarpun terjadi. "Yuukk laris manis", sapa  salah seorang kakak. Interaksi jual beli ini berlangsung sampai pukul 10.15. Setelah para pembeli kembali ke kelas,barulah para marketer cilik ini belajar menghitung laba dari barang yang dijual tadi dengan dibantu kakak-kakak pendamping tentunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar